Social Icons

Pages

Minggu, 17 November 2013

Tugas Cerita Rakyat (Luthfi Maulana)

Tugas Cerita Rakyat (Luthfi Maulana)
Cerita Rakyat Sangkuriang
Pada zaman dahulu kala, tinggallah seorang putri bernama Dayang Sumbi yang tinggal bersama putranya yang bernama Sangkuriang. Mereka berdua hidup dengan seekor anjing kesayangan yang bernama Tumang ternyata seekor anjing tersebut ternyata titisan dewa, dan juga merupakan ayah kandung Sangkuriang.
Pada suatu hari ketika Sangkuriang sedang berburu binatang seekor rus di hutan ditemani dengan anjing kesayangannya Si Tumang, karena Sangkuriang ingin sekali Sangkuriang persembahkan kepada Dayang Sumbi. Dan ternyata di hutan tidak ada satu pun hewan yang dapat di buru oleh Sangkuriang. Sangkuriang pulang dengan perasaan kesal. Dan ketika dalam perjalanan pulang Sangkuriang melihat seekor rus. Dan Sangkuriang memerintahkan Si Tumang untuk mengejarnya, tetapi Tumang hanya diam saja.


Karena kesal Sangkuriang langsung melepaskan busur panah nya kea rah Si Tumang dan seketika itu Tumang pun mati. Dan Sangkuriang mengambil hati si Tumang dan membawanya pulang. Dan ketika sampai di rumah Dayang Sumbi dan Sangkuriang pun menyantap hasil buruan Sangkuriang. Karena Dayang Sumbi teringat dengan Si Tumang, Dayang Sumbi pun menanyakan ke Sangkuriang. Dengan ucapan meminta maaf karena Sangkuriang telah membunuh si Tumang. Dayang Sumbi pun sangat marah dan memukul kepala Sangkuriang dengan menggunakan dengan centong nasi hingga berdarah dan membekas.
Dan saat itu pun Sangkuriang pergi dari rumah, setelah kejadian itu Dayang Sumbi menyesali perbuatannya dan selalu berdoa hingga di beri kekuatan yaitu tetap cantik dan abadi. Sangkuriang pun jatuh pingsan di tengah hutan dan ditemukan oleh Ki Ageng dan dirawatnya. Ketika Sangkuriang sadar dia di panggil Jaka oleh Ki Ageng, tanpa mengingat namanya aslinya adalah Sangkuriang. Sangkuriang pun belajar semua ilmu yang di miliki oleh ki Ageng sehingga Sangkuriang memiliki ilmu dapat memanggil jin.
Setelah merasa cukup ilmu nya Sangkuriang pun pergi untuk mencari tau asal usulnya. Di tengah hutan dia melihat sebuah pondok, karena Sangkuriang haus dia mampir ke pondok tersebut dan meminta sedikit minuman. Setelah dia masuk ke pondok tersebut dia melihat seorang wanita cantik yang bernama Dayang Sumbi, Sangkuriang pun sempat berfikir bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya. Dan begitu juga Dayang Sumbi yang berfikir bahwa Jaka adalah anak kandungnya.
Dan mereka berdua pun jatuh cinta, dan mereka pun berencana untuk menikah. Saat Dayang Sumbi menemani Sangkuriang atau Jaka berburu dan saat mengencangkan ikat kepalanya  Dayang Sumbi melihat bahwa ada bekas luka di kepala Jaka atau Sangkuriang dan Dayang Sumbi pun yakin bahwa Jaka adalah anak kandungnya, Jaka pun tidak percaya bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya. Dan Dayang Sumbi berencana untuk menggagalkan pernikahannya dengan Jaka atau Sangkuriang.
Tetapi Sangkuriang atau Jaka tetap tidak percaya kalau Dayang Sumbi adalah ibunya, Dayang Sumbi memberikan syarat dengan membuat satu danau dan sebuah perahu dalam satu malam dan harus selesai sebelum fajar terbit. Dan Sangkuriang pun menyanggupi permintaan Dayang Sumbi. Dengan bantuan dari Jin Sangkuriang hampir selesai membuat persyaratan dari Dayang Sumbi.
Dayang Sumbi pun berfikir apabila Sangkuriang berhasil, tidak akan mungkin bahwa ibunya menikah dengan anaknya. Dan saat itu Dayang Sumbi mempunyai ide untuk menggaggalkan Sangkuriang agar tidak menikah dengan Dayang Sumbi, yaitu dengan cara meminta bantuan dari seluruh warga desa untuk menggelar kain merah di timur dan silih bergantian ayam – ayam di pedesaan tersebut berkokok seakan hari sudah pagi. Mendengar suara ayam berkokok jin – jin Sangkuriang berlarian pergi.
Dan ketika Sangkuriang tau bahwa telah diperdaya oleh Dayang Sumbi dia pun marah dan menendang perahu besarnya hingga terbalik dan hingga sekarang di percaya bahwa gunung Tangkuban Perahu adalah dari perahu Sangkuriang yang ia tending hingga terbalik.

Hal – hal menarik
1.      Titisan Dewa menjelma sebagai anjing
2.      Dayang Sumbi Mempunyai kekuatan Cantik dan abadi.
3.      Sangkuriang dapat memanggil Jin
4.      Membuat Danau dan Perahu dalam satu malam.
Amanat : Tidak semua sesuatu yang kita inginkan harus dipaksakan dengan kenyataan dan realita yang tidak dapat untuk mewujudkan sesuatu yang diinginkan.
Persamaan dengan cerita lain.
1.      Sama – sama ada manusia yang menjelma sebagai binatang
2.      Sama – sama menceritakan suatu kejadian di luar logika
3.      Manusia berhubungan dekat dengan makhluk halus

Dengan kehidupan sehari hari ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text